TANAH BELONG TANAH SEJUTA MAKNA

TANAH BELONG TANAH SEJUTA MAKNA



Dahulu belong merupakan perbukitan yang bernama dok banteng, tempat menggembalakan banteng. Yaitu mbah Jago Pati, ketika menggembala sulit menemukan air. Akhirnya mbah Jago Pati membuat sebuah tempat supaya banteng-banteng dapat minum air dengan mudah. Semakin berjalannya waktu aliran air itu keluar terus menerus, akhirnya terbentuklah suatu telaga dari Telaga tersebut apabila musim hujan air bisa meluap sampai jalanan. Akhirnya warga Desa Jambearjo dan Desa Jatisari kerja bakti untuk mebuat saluran air. Semakin lama air keluar pasir putih, membuat tempat tersebut menjadi sebuah pantai lalu diadakan sayembara untuk orang yang pintar. Beberapa Kyai mengikuti sayembara tersebut, siapa yang bisa menghentikan sumber air tersebut . Ada salah satu kyai, beliau berjalan diatas air kemudian menancapkan sebutir emas. Kemudian Belong surut kemudian tidak keluar pasir putih lalu surut menjadi persawahan seperti sekarang
Belong berada di kawasan Desa Jatisari, kawasan ini luasnya sekitar 5 hektar. Kawasan ini merupakan potensi wisata yang dimiliki Desa Jatisari . Rencananya 5 tahun kedepan akan dibangun wisata yang menyediakan fasilitas seperti mini zoo, petik buah, kolam renang, kolam pemancingan, telaga, rumah makan apung, area outbond, musholla , dan parkir.
Belong mempunyai daya Tarik sendiri, mulai dari view lokasi yang menghadap hamparan sawah dan dikelilingi pohon-pohon kelapa. Alamnya yang sejuk saat pagi hari dapat menenangkan pikiran penikmatnya. Karena berada di penghubung Desa Jambearjp, belong menjadi batas antar desa yang menjadi icon/landmark Desa Jatisari
Setiap hari minggu warga Desa Jatisari bekerja bakti. Mulai dari pembuatan saluran air, pembuatan kolam pemancingan, dan penanaman pohon. Pembuatan saluran air dibantu oleh mahasiswa KKM Kelompok 102 yang dilaksanakan pada hari pertama pengabdian. Selanjutnya untuk penanaman pohon dilakukan secara bersama-sama.
Pembangunan dilakukan tahap demi tahap mulai dari pembuatan kolam pemancingan. Rencananya pengadaan bibit ikan akan dilakukan pengajuan kepada DInas Perikanan dengan membuat proposal. Disediakan 3 kolam, 2 kolam untuk pembibitan dan 1 kolam untuk pemancingan. Harapannya belong ini kedepannya akan menjadi sumber ekonomi untuk warga Desa Jatisari karena potensi alamnya.

0 Comments